Tuesday, March 12, 2013

Hitam dan Putih

Warna putih jika diberi warna hitam maka akan menjadi hitam. Tapi warna hitam jika diberi warna putih, maka akan menjadi abu-abu. Pernahkah kalian mengamatinya? Warna hitam selalu lebih dominan. Secara teori, jika semua warna dicampur dengan cara diputar, maka semua warna akan menjadi putih, akan tetapi kenyataannya, ketika kita mencampur berbagai warna, warna itu berubah menjadi hitam. lalu kenapa teori dengan kenyataan bisa berbeda?

Juga sama seperti itu. Waktu itu ada tugas melukis untuk ujian akhir sekolahku, dan Aku pernah mencoba menggunakan cat minyak, mencampur warna hitam dan warna putih dengan cara yang sama, hanya saja yang berbeda adalah saat menempatkannya. Lebih tepatnya bukan mencampur sih, tapi menguaskannya pada kanvas. Ketika aku goreskan warna hitam lebih dahulu, kemudian diatasnya aku lapisi warna putih, warna di kanvas menjadi abu-abu. Lalu aku mencoba menguaskan warna putih terlebih dahulu, kemudian aku lapisi dengan warna hitam. Tapi yang terjadi, warnanya bukan abu-abu seperti yang kulakukan pertama tadi, tapi warnanya menjadi hitam. 
Aku tak mengerti apa makna dibalik warna hitam dan putih. Apakah ini seperti dengan diri kita? saat awalnya kita adalah orang yang baik, tapi karna sesuatu, kita menjadi orang yang buruk, maka orang lain akan menganggap kita buruk untuk selamanya, seperti warna putih yang dilapisi warna hitam, dan akhirnya menjadi warna hitam.
Dan saat awalnya kita adalah orang yang buruk, tapi kemudian kita menyesal dan bertobat, maka diri kita terlihat menjadi baik, meskipun ada buruknya. seperti warna hitam yang dilapisi warna putih, dan menjadi warna abu-abu.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar. Terimakasih atas saran dan kritik anda.