Monday, June 15, 2015

Si Udang Dungu di Balik Batu


Kisah mengenaskan seekor udang dungu. Mengenaskan karena hidupnya yang serba salah. Si Udang selalu dianggap bodoh oleh banyak orang, dan kenyataannya si udang memang terlalu bodoh untuk berfikir kenapa dia bodoh.Yang ia tahu, meskipun dungu tapi si udang juga punya otak. Kata orang, meskipun aku punya otak, tapi otakku otak udang. Katanya, otakku itu bercampur dengan taik.

Di balik batu si udang bersembunyi, meringkuk berdiam diri. Suatu hari si udang merenungi nasibnya sendiri. Ia ingin bergerak bebas diantara milyaran molekul air, namun kebodohannya membuat ia semakin takut melangkahkan kesepuluh kakinya. Tiba-tiba ia teringat kata orang "Ada udang di balik batu, Ada suatu maksud yang tersembunyi ". Apakah dengan aku berada disini, semua tingkah lakuku adalah mencurigakan? Percayalah aku si udang dungu tak punya maksud tertentu, aku hanya melindungi diri. Aku tak akan berbuat buruk padamu. Percayalah aku tak mampu mencelakaimu, Aku aku aku aku aku hanya....hanya.... Si udang dungu ketakutan dengan semua yang dikatakan orang. Ia menggerakkan kesepuluh kakinya hendak melompat kedalam air, tapi apalah daya, seekor burung menyambar dan menelannya. Si udang dungu itu telah melawan takdir hidupnya pergi dari balik batu. Maka tamat lah ia.

Mungkin, jika si udang tak terlalu memikirkan kata orang padanya, dia tak akan berakhir semengenaskan itu.

*Terinspirasi: Ada Udang di Balik Batu

Aer Enau
Banyuwangi, Juni 2015

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar. Terimakasih atas saran dan kritik anda.