Friday, July 13, 2012

Detective Mimpi

Sebenarnya aku pngn bgt bisa memecahkan suatu masalah atau kasus kayak Polisi dan Detective. (kbanyakan baca komik + nonton tv). Tapi slalu saja kasus yg kucoba untk q slidiki tak pernah bisa tuntas. Hanya brjalan stengah permainan karna minimnya bukti. -,-
seperti saja beberapa real case yg pernah q alami:


1. Saat Bunga palm Nolina dan Mawar jambe (sejenis sikas) hilang dicuri orang. Q coba selidiki. Waktu itu punya 2 palm nolina. Yg 1 ditanam di pot besar. Satunya di tanah. Pagi itu nolina dan mawar jambe nya hilang. Yg terlhat hanya pot besar yg kosong. Padahl nolina itu sudah besar seperti pohon. Entah bgaimana crax si pencuri itu membawanya. Dan nolina yg dtanam di tanah. Tanahnya terlihat seperti cangkulan yg melingkar pada nolina itu. Aku tahu, si pencuri sbnrnya jga sudah siap membawa nolina itu, tpi mgkn karna sdkitnya waktu atau mgkn karna nolina itu trlalu berat. Malam sblmx memang sdang hujan. Jadi sangat jelas trlihat ada jejak kaki yg mengarah ksamping rumah (wktu itu blm dpagar). Jejak kaki itu telapaknya jelas skali. Orang itu tdk menggunakan sandal.
Tapi q tak tahu siapa pencurinya.

2. Saat bunga Anthurium hilang. Waktu itu q juga coba selidiki. Kulihat 5 pot anthurium yg kosong dan berserakan. Kucoba lihat samping rumah, q lihat rumput2 yg panjang dsamping rumah trlihat seperti di biak, q yakin pencuri itu lewat situ, karena rumput2 yg dia lewati banyak yg ambruk. Jga kulihat pintu di samping rumah yg trbuat dari kayu, bgian bawahnya brlubang. Ya orang itu lewat situ. Dy mgkn mematahkan kayunya. Lalu di belakang rumah kulihat jejak sandal. Ukurannya 14cm. Lalu q ke belakang rumah. Q temukan daun2 kering. Itu daun pohon pandan bali yg ada dpan rumah. Dimana anthurium kami letakkan.
Aku yakin orang itu lewat blakang rumah. Ya. Dlu memang blakang blum dpagar, tapi pohon dan rumputnya sangat rimbun. Harusnya orang takut lewat situ. Hari itu juga aku gunakan senar (benang) layangan adikku. Aku ikatkan pada pohon2 di belakang rumah, q ikatkan mengelilingi rumah, orang2 drumah q bri tahu "jangan kebelakang rumah, dsana aku pasang senar". Besok paginya, kudapati senar di sbelah utara putus. Aku tahu mgkn orang itu krumahku lgi. Tpi tetp saja q tak bisa thu siapa pncurinya.

3. Saat burung dan ayam hutan peliharaan ayahku hilang. Aku coba selidiki. Q lihat sangkar yg kosong dan makanan burung yg berceceran dilantai. Q coba lihat samping rumah. Q perhatikan pagar tembok batu bata yg sudah ditumbuhi lumut. Bagian bawah kulihat lumut yg trgores seperti pijakan. Q menebak. Orang itu memanjat pagar. Karena goresan lumut itu masih baru. Tpi q tetap tdk tahu pncurinya.

4. Saat sepeda motorku Mio P 4043 YJ hilang. Aku hanya melihat gerbang yg trbuka dan garasi yg trbuka, juga helm di lantai pintu garasi. Ibuku dan ayahku bilang, sblmx mendengar suara orang melempar pasir ke pintu garasi, tapi tak dihiraukan. Aku pun mencoba keluar rumah, melihat tanah di dpan garasi, kulihat ditanah ada seperti cakaran tangan manusia. Ya yang didengar orang tuaku benar. Mgkn pencuri itu melakukan itu untuk mengecek apakah drumah itu aman atau tidak.

5. Tentang Rumah Kosong, KTP dan SIM itu. Sampai skrg jg blm menemukan titik terang. Q belum tahu tntg pemilik KTP dan SIM di rumah kosong itu karena minimnya barang bukti dan tempat yg jauh.

Ya aku tak pernah bisa memecahkan masalah dgn tuntas. Sangat mengecewakan. Ya, ini semua karena minimnya barang bukti yg aku dapat. Tapi tak apalah, q sudah brusaha.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar. Terimakasih atas saran dan kritik anda.